pertanyaan ini yang dapat membuat masalah anda tidak terasa seperti masalah2 min read

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita tentu akan mengalami pengalaman-pengalaman yang berbeda-beda. Ada pengalaman yang baik untuk kita. Ada pengalaman yang membuat kita merasa kecewa. Ada pula pengalaman yang membuat kita khawatir terhadap keadaan kita di masa yang akan datang. Dengan perbedaan-perbedaan pada pengalaman tersebut, ada tiga pertanyaan yang dapat mengubah fokus kita. Fokus yang awalnya dirasa seperti hal yang negatif menjadi hal yang positif. Perubahan fokus itu yang akan mempengaruhi tindakan-tindakan kita kedepan.

 

Tiga pertanyaan yang dapat mengubah fokus kita, pertama adalah apa yang menjadi fokus aktivitas kita. Setiap aktivitas atau kegiatan yang kita lakukan, tentu akan mengalami permasalahan-permasalahan. Ketika suatu masalah datang menerpa diri kita, kadang fokus kita terhadap masalah itu adalah bahwa masalah itu begitu besar dan sangat membebani hidup kita. Jika mengalami hal itu, kita harus mengubah fokus kita terhadap masalah itu menjadi hal yang ringan, tidak membebani, dan bahkan menjadi solusi besar untuk aktivitas kita. Jika kita mengubah fokus kita terhadap masalah yang kita alami, maka masalah tersebut akan berubah sesuai dengan perubahan fokus kita. Sebagai contoh,  ketika kita disingkirkan dalam perusahaan oleh orang yang ada dalam perusahaan tersebut, maka mungkin kita akan berpikir bahwa orang yang menyingkirkan kita itu begitu jahat. Padahal secara kinerja kita di perusahaan, kita telah memberikan kontribusi yang begitu besar pada perusahaan tersebut. Jika demikian, cobalah untuk mengubah fokus kita terhadap masalah tersebut. Perubahan fokusnya adalah bahwa disingkirkannya kita dari perusahaan, sebenarnya akan memberikan kita ladang dan kesempatan lain untuk bisa menciptakan hal-hal baru ditempat yang lain. Dengan perubahan fokus itu, tentu kita tidak akan terbebani oleh masalah tersebut, bahkan justru memicu kita untuk bisa lebih berkontribusi lebih besar dari yang sebelum-sebelumnya. So, pastikan fokus aktivitas kita dapat memberikan energi-energi positif dalam aktivitas yang kita lakukan.

 

Pertanyaan kedua untuk mengubah fokus kita adalah, “Apa makna dari apa yang terjadi pada kita”. Dari kasus diatas, maka makna dari kejadian itu adalah barangkali Allah memberikan kita kesempatan untuk bisa lebih bermanfaat untuk kebaikan orang banyak. Dengan lebih mengembangkan potensi-potensi yang kita miliki. Kemudian pertanyaan yang ketiga adalah, “apa yang harus kita lakukan?”. Masih dengan kasus diatas, maka yang harus kita lakukan adalah dengan mempersiapkan diri kita dan membangun potensi-potensi yang sebelumnya belum kita kembangkan. Selain itu pula, kita dapat pula meningkatkan kedisplin dan rasa tanggung jawab kita dengan pernuh kegembiraan.

 

Dengan 3 pertanyaan diatas tentang mengubah fokus terhadap masalah kita hadapi, masalah atau tersebut tidak akan terasa seperti sebuah masalah. Bahkan, masalah tersebut dapa menjadi sebuah peluang dan kesempatan untuk kita dapat tumbuh dan berkembang lagi sebagai seorang pribadi.

Tinggalkan Komentar

Dapatkan Ebook Eksklusif

"CEO cukup bekerja 2 jam sebulan dengan menerapkan 5 tools ini" sekarang, GRATIS

we respect your privacy and take protecting it seriously