Penting! cari tahu kapan harus melebarkan sayap bisnis anda2 min read

Kecepatan kadang tidak lebih baik dari pada ketepatan waktu. Dalam olahraga yang saya gemari yaitu bulutangkis, saya berpikir bahwa cabang olahraga ini tidak hanya mengandalkan kecepetan pemain saja. Bulutangkis juga mengandalkan kemampuan seorang pemain untuk menentukan waktu yang tepat dalam beraksi. Kecepatan pemain tanpa menggunakan timing yang dapat bisa berakibat bola mengalir ke arah yang tidak tepat. Dalam permainan bulutangkis, saya sering memperhatikan bahwa seorang pemain yang menunggu bola turun dan mengayunkan raketnya dengan keras menuju sasaran yang diinginkan dapat membuat lawan terpedaya. Kadang saya juga melihat pemain bulu tangkis yang mengayunkan raketnya tidak terlalu keras, namun lawanpun dapat terpedaya. Hal ini terjadi karena penggunakan waktu yang tepat dalam menyerang lawannya.

Saya mencoba untuk menghubungkannya dengan kehidupan bisnis. Hal yang kita pelajari dalam permainan bulu tangkis ini adalah bahwa dalam bisnis juga tidak selamanya harus terburu-buru. Ketika bisnis kita mengeluarkan sebuah produk atau jasa baru lainnya, atau ketika ingin membuka cabang baru, maupun ketika mencoba untuk berkerjasama dengan partner bisnis, kita tidak harus terburu-buru dalam mengambil keputusan. Akan tetapi, kita juga tidak terlalu lambat dalam merespons kesempatan yang ada. Hal penting yang harus kita ketahui adalah kita mengetahui waktu yang tepat untuk mengeluarkan produk baru, cabang-cabang bisnis baru atapun momen untuk melakukan kerjasama dengan partner bisnis.

Banyak yang berkata bahwa kesempatan tidak akan datang dua kali. Ketika kita tidak berinovasi terhadap bisnis kita, maka pesaing kita akan menciptakan inovasi baru untuk bisnisnya. Terlalu cepat dalam mengambil keputusan tanpa memahami timing yang tepat bukanlah sesuatu yang baik buat bisnis kita. Hal penting dalam bisnis adalah tujuan utamanya yaitu menghasilkan sesuatu yang bisa populer dan membuat bisnis dapat bertahan hidup, tumbuh, dan berkembang. Tunggulah waktu dan kesempatan yang tepat dalam mengambil keputusan. Berpikirlah tentang jangka panjang yang membutuhkan perencanaan, kesabaran, dan kedisiplinan. Menunggu waktu yang tepat juga dapat membantu kita untuk mengelola rencana, menentukan prioritas, mengurangi sifat impulsif, menekan hasrat, dan mengurangi emosi. Demikianlah pelajaran kita tentang ketepatan waktu. Dimana kita harus bisa menentukan waktu yang tepat bagi bisnis kita untuk terus bertumbuh dan berkembang dan kapan waktu yang tepat untuk kita bisa mengeluarkan inovasi-inovasi baru.

Tinggalkan Komentar

Dapatkan Ebook Eksklusif

"CEO cukup bekerja 2 jam sebulan dengan menerapkan 5 tools ini" sekarang, GRATIS

we respect your privacy and take protecting it seriously