Menyambut Tahun Baru 20202 min read

Setiap akhir tahun kita selalu mencoba untuk membangun resolusi untuk tahun berikutnya. Kini kita sudah berada dipenghujung tahun 2019 dan saat ini setiap kita, baik sebagai karyawan, Self employee dan Pebisnis mulai berfikir tentang target yang akan di canangkan untuk tahun 2020.

Untuk bisa mencapai target yang diinginkan, maka kita perlu melakukan evaluasi terhadap 4 hal dalam pekerjaan dan kehidupan yang sedang kita jalani. 4 hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Minat dan Kertarikan
Kita mulai menanyakan lagi apa Minat dan Ketertarikan kita dalam pekerjaan dan kehidupan ini. Karena minat dan ketertarikan kita akan menumbuhkan motivasi untuk berjuang dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif untuk bertumbuh.

2. Latihan yang terencana
Setelah minat dan ketertarikan diketahui, maka kita harus melakukan pekerjaan sesuai yang telah digariskan dan direncanakan. Pekerjaan ini akan menjadi ritual sehari-hari dalam kehidupan kita. Dalam latihan ini setiap orang akan melakukannya secara sukarela dan menyenangkan. Tanda bahwa kita sudah menikmati latihan ini adalah bahwa semuanya mengalir dengan baik tanpa ada perasaan lelah dalam diri kita. Latihan ini akan memiliki hasil yang maksimal apabila berjalan sesuai dengan rencana yang sudah dibuatkan.

3. Tujuan yang Jelas
Dalam melakukan pekerjaan, setidaknya kita memiliki minimal 3 tujuan, yaitu :
a) Sebagai profesi
Dimana pekerjaan kita hanya untuk mempertahankan hidup saja seperti kita bernafas dan makan.

b) Sebagai Karier
Dimana pekerjaan ini hanya sebagai batu loncatan ke jenjang karier berikutnya

c) Sebagai Panggilan
Dimana pekerjaan ini merupakan bagian dari amal soleh dan tujuannya adalah untuk memberikan pelayanan terbaik kepada orang lain. Selain itu, tujuan terbesarnya adalah sebagai penghambaan kepada sang Maha Pencipta.

Tujuan dalam pekerjaan hampir sebagian besar adalah terbatas sebagai profesi dan karier saja. Masih sangat sedikit pekerjaan ini bertujuan sebagai panggilan.

Jika dalam pekerjaan ini bertujuan hanya sebagai profesi dan karier saja, maka tingkat produktivitasnya belum maksimal. Produktivitas mudah turun ketika gaji tidak lagi sesuai harapan ataupun ketika karier mandek tidak ada kenaikan jabatan.

Setiap waktu kita terbentur oleh tingkat turn over karyawan yang besar. Kalau demikian sebenarnya mereka belum memiliki minat dan ketertarikan yang tepat.

Bagaimana kedepan bisnis harus menciptakan manusia-manusia yang terpanggil untuk melayani dengan kualitas yang terbaik untuk kebaikan dan kemaslahatan manusia.

4. Harapan
Setelah kita mengetahui minat dan ketertarikan kita, lalu menjalankan latihan yang terencana dan terus menerus untuk mencapai tujuan yang diinginkan, maka langkah selanjutnya adalah kita harus selalu punya harapan. Kita yakin bahwa harapan itu selalu ada dalam setiap langkah kehidupan ini. Kita tidak boleh sedikit pun melepaskan harapan yang menyebabkan kita terjerumus dalam keputusasaaan.

Dengan mengevaluasi Minat dan Ketertarikan, Latihan yang terencana, Tujuan yang jelas, dan Harapan yang selalu terbuka, maka mudah-mudahan resolusi kita tahun 2020 ini akan dapat terwujud.

Semoga Bermanfaat

Widiantoro Baroto
CEO and Business Coach

Tinggalkan Komentar

Dapatkan Ebook Eksklusif

"CEO cukup bekerja 2 jam sebulan dengan menerapkan 5 tools ini" sekarang, GRATIS

we respect your privacy and take protecting it seriously