Leading Transformation2 min read

Saya sekarang berada di Hotel Salak Bogor, setelah kemarin menghadiri dan memimpin rapat pemilihan ketua umum Asosisasi Bisnis Alhidayah Indonesia. Ada satu hal yang ingin saya bagikan untuk sahabat semua. Yang mana masih banyak orang yang berpikir untuk berbisnis hanya menjual barang atau jasa. Faktanya barang atau jasa aja tidak cukup untuk menarik konsumen atau pelanggan. Maka pada saat ini, ada sebuah trend yang disebut dengan “Experience” atau pengalaman. Jadi, berbisnis yang tidak hanya menjual barang atau jasa, tetapi juga menjual sebuah experience atau pengalaman.

Ketika kita minum kopi di Starbuck, maka kita tidak hanya minum kopi tetapi juga kita membeli pengalaman. Pengalaman untuk bersosialisasi, pengalaman untuk memberikan tempat pada diri kita supaya bisa memahami bahwa kita sedang diberi pengalaman baru yaitu minum kopi sambil duduk di tempat yang nyaman.

Ketika kita tinggal disebuah hotel, maka kita tidak hanya tidur didalam kamar. Karena tidak ada bedanya hotel dengan rumah. Namun di hotel kita mengalami sebuah pengalaman dimana pengalaman itu memberikan kesan. Maka, pengalaman itulah yang sebenarnya kita beli.

Setiap orang merasakan bahwa pada saat ini, barang dan jasa yang kita beli, semua menawarkan pengalaman, bahkan pengalaman-pengalaman baru yang mungkin tidak pernah kita alami sebelumnya. Namun ada satu hal yang lebih penting dari sebuah pengalaman ketika kita menjual barang atau jasa, yaitu kita menawarkan sebuah transformasi.

Transformasi merupakan sesuatu yang lebih dashyat menurut saya. Karena transformasi dapat merubah segalanya. Dari sesuatu yang dulu biasa-biasa saja menjadi sesuatu yang luar biasa. Yang dulu merubah suatu karakter yang mungkin tidak terlalu baik, menjadi sebuah karakter yg lebih baik. Transformasi dapat menciptakan suatu lingkungan yang mungkin tidak terlalu baik menjadi lebih baik bahkan sangat baik sekali. Itulah yg disebut dengan transformasi. Di era kedepan, produk barang atau jasa yang dibundling dengan experience tidak cukup, pemilik barang atau jasa harus menawarkan sebuah transformasi. Transformasi dalam kehidupan dan keberadaan kita sebagai manusia di dunia ini

Sekian

Widiantoro Baroto

Tinggalkan Komentar

Dapatkan Ebook Eksklusif

"CEO cukup bekerja 2 jam sebulan dengan menerapkan 5 tools ini" sekarang, GRATIS

we respect your privacy and take protecting it seriously