Ketahuilah mental pemenang yang harus anda dimiliki2 min read

Saat ini kita banyak melihat fenomena di negara kita pasca pemilihan presiden dimana masing-masing kita merasa bahwa pemimpin yang kita pilih adalah pemimpin yang memenangkan pertarungan dalam pilpres ini. Ada sesuatu yang perlu kita ketahui, seperti apakah mental orang yang berpikir  dan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang pemenang? Hal pertama yang harus dimiliki oleh seorang pemenang adalah berani mengakui kesalahan. Setiap melakukan sesuatu lalu ternyata salah, kita dengan jantan mengakui kesalahan itu. Kita tidak pernah mencari kambing hitam. Bagi kita, kesalahan-kesalahan tidak bisa ditebus dengan alasan apapun. Justru dari kesalahan tersebut, kita bisa belajar banyak untuk mencoba lagi dan memperbaiki kesalahan tersebut. Lawan daripada sifat menerima kesalahan adalah sifat membantah yaitu selalu menolak disalahkan dengan seribu satu alasan dan biasanya mencari kambing hitam.

Hal kedua yang harus dimiliki seorang pemenang adalah bertanggung jawab. Memang sangat tipis perbedaan antara berani mengakui kesalahan dan berani menanggung resiko atau tanggung jawab. Resiko itu sesungguhnya adalah kesalahan. Akan tetapi tidak semua kesalahan adalah resiko. Jadi calon pemenang, harus berani menanggung semua resiko terhadap apa yang dibuatnya. Bila mental pertama sudah dimiliki yaitu dengan mengakui kesalahan, maka lebih mudah untuk membuat perilaku kita lebih bertanggung jawab.

Hal ketiga yang harus dimiliki oleh seorang pemenang adalah bisa dipercaya atau akuntabel. Segala perbuatan bisa dibuktikan kebenarannya. Dia berjalan diatas rel sesuai aturan. Sesuai dengan janjinya. Sesuai dengan perkataannya. Dia tidak pernah bohong dan tidak pernah mencurigai orang lain. Semuanya bisa dipertanggung jawabkan. Tiga mental ini saling terkait dan saling mempengaruhi. Satu saja tidak dimiliki, maka orang itu tidak memiliki mental pemenang. Dari 3 hal mental seorang pemenang, kita bisa menyatakan bahwa seseorang yang melakukan apapun tentang kecurangan, segala apapun yang dilakukan dengan kebohongan, walaupun dia mendapatkan kemenangan itu, pada dasarnya dia sedang menggali kekalahannya. Dia sedang menggali kehancurannya. Maka bagi kita yang mengetahui mental pemenang adalah kita harus mengakui kesalahan, bertanggung jawab dan dapat dipercaya

Tinggalkan Komentar

Dapatkan Ebook Eksklusif

"CEO cukup bekerja 2 jam sebulan dengan menerapkan 5 tools ini" sekarang, GRATIS

we respect your privacy and take protecting it seriously