Cari tahu bagaimana membentuk tim pemenang dalam bisnis2 min read

Diawal-awal sebuah bisnis, biasanya seorang pemimpin perusahaan lebih fokus untuk mengarahkan bisnisnya ke arah yang mereka inginkan. Kreativitas hanya muncul dari pemimpin bisnis tersebut. Karyawan atau pelaksana kinerja hanya mengikuti apa yang diarahkan oleh pemimpin bisnisnya. Namun kondisi semacam ini tidak bisa dipertahankan terlalu lama. Kondisi ini mungkin hanya bisa dilakukan oleh pemimpin perusahaan maksimal dimasa 5 tahun pertama. Setelah masa itu, maka seorang pemimpin bisnis harus mencoba membangun sebuah tim yang diharapkan adalah tim pemenang. Tim pemenang ini dapat menjalankan target-target bisnisnya, visi dan misi bisnis, dan mereka mengetahui kemana bisnis akan dibawa.

Untuk membentuk tim pemenang, ada 5 (lima) hal yang bisa dilakukan. 5 hal itu adalah sebagai berikut:

  1.       Bagaimana kita bisa menciptakan dan melibatkan karyawan dalam menjalankan bisnis serta meningkatkan partisipasi mereka. Pemimpin bisnis harus bisa merubah cara pandangnya terhadap karyawannya dimana karyawan yang awalnya adalah sebagai objek diubah sebagai subjek. Dengan ini, partisipasi karyawan dalam memberikan pendapat, ide, maupun kreativitas mereka mungkin akan dapat menciptakan hal baru dan berbeda didalam bisnis.
  2.       Pelatihan ditempat kerja untuk karyawan dapat dilakukan. Setiap karyawan tentu membutuhkan pelatihan untuk bisa meningkatkan kapabilitas mereka untuk bisa lebih berinovasi. Hal ini bisa lebih menciptakan keyakinan kepada mereka bahwa semua hal dapat diatasi walaupun dengan cara yang berbeda-beda.
  3.       Pembagian keuntungan pada karyawan. Sebagai pemimpin bisnis, kita harus bisa memperhatikan income mereka. Bagaimana pendapatan mereka berkorelasi atau berbanding lurus dengan performance dan kinerjanya dalam bisnis. Semakin baik perusahaan, maka pendapatan mereka akan semakin baik.
  4.       Aturan kerja yang fleksibel bisa membuat karyawan lebih dapat berkreasi. Kadang kita harus berpikir untuk memotong prosedur, menyederhanakan aturan-aturan yang sebenarnya diperuntukan untuk memberi ruang kepada karyawan untuk bisa lebih berkreasi. Fleksibilitas kerja kadang dibutuhkan. Jam kerja muali dari jam 8 sampai jam 5 tidak selamanya efektif. Karena orang bisa produktif pada jam-jam tertentu. Pada jam-jam produktifnya, karyawan memiliki kemampuan untuk berkreasi lebih besar dibandingkan dengan jam-jam lain yang mereka dipaksa untuk mereka hadir.
  5.       Lingkungan kerja yang sehat dan aman harus dapat diciptakan oleh seorang pemimpin bisnis. Lingkungan yang sehat dan aman akan menciptakan kondisi karyawan yang prima sehingga mereka bisa menjalankan tugas-tugas dengan baik

 

5 (lima) hal diatas dapat menciptakan sebuah kondisi dimana perusahaan akan memiliki sebuah tim pemenang yang dapat mengemban tugas-tugas maupun visi-misi bisnis dikemudian hari.

Tinggalkan Komentar

Dapatkan Ebook Eksklusif

"CEO cukup bekerja 2 jam sebulan dengan menerapkan 5 tools ini" sekarang, GRATIS

we respect your privacy and take protecting it seriously