Beginilah bagaimana kekuasaan bekerja dan mempengaruhi kehidupan kita1 min read

Sepanjang sejarah, kekuasaan itu mengendalikan kehidupan dan mengambil banyak hal dari apa yang kita jalani di dunia ini. Kekuasaan hadir bentuk yang berbeda-beda dan bahkan terkadang bertentangan dengan apa yang kita yakini. Dizaman dahulu, kekuasaan itu hanya hasil dari fisiologi dimana dia yang paling kuat dan cepat, maka dia akan berkuasa dan dapat mengarahkan kehidupan mereka sendiri maupun orang-orang sekitarnya. Peradaban terus berkembang sehingga kekuasaan berubah dari berdasarkan kekuatan menjadi berdasarkan keturunan.

Pada kekuasaan, Sang raja mengelilingi dirinya dengan simbo-simbol dunianya dan memerintah dengan kewenangan yang mutlak. Orang lain yang meraih kekuasaan dengan bergaul bersama mereka yang memiliki keturunan raja. Diawal revolusi industri kekuasaan mulai berubah. Modal merupakan simbol dari sebuah kekuasaan. Mereka yang memiliki akses terhadap modal akan mendominasi dan memiliki kekuasaan. Lebih baik punya modal daripada tidak punya modal. Lebih baik memiliki kekuatan fisik daripada tidak memilikinya sama sekali.

Di era sekarang, kekuasaan sudah mulai berubah. Kekuasaan dimiliki oleh orang-orang yang menguasai informasi, pengetahuan, dan komunikasi. Pada era digital seperti sekarang, maka kekuasaan adalah orang-orang yang mampu mengendalikan dan memiliki akses luas terhadap informasi. Sekarang kita hidup di era informasi, dimana kita harus memiliki kekuasaan dan kemampuan untuk mengendalikan informasi.

Menciptakan ide-ide baru dan kemampuan kita untuk berinovasi adalah prasyarat agar kita bisa merengkuh kekuasaan di era saat ini. Kekuasaan bukan lagi sesuatu yang harus kita paksakan, tapi kekuasaan adalah sesuatu yang bisa kita bagi dan dapat mempengaruhi pikiran dan hati manusia.

Tinggalkan Komentar

Dapatkan Ebook Eksklusif

"CEO cukup bekerja 2 jam sebulan dengan menerapkan 5 tools ini" sekarang, GRATIS

we respect your privacy and take protecting it seriously