5 kunci untuk jadi kaya dan bahagia. Cek sudah berapa kunci yang kamu punya3 min read

Kala itu saya memperhatikan dan merenungkan perbedaan antara orang-orang yang sukses dengan orang-orang yang gagal. Saya kadang berpikir, apa perbedaan antara dirinya dengan saya. Satu hal yang saya rasa menjadi perbedaannya adalah permintaan yang mereka harapkan dalam hidupnya. Kehidupan akan membayar apapun yang kita minta. Mintalah sesukanya seperti kesuksesan besar, maka itulah yang akan didapatkan. Segalanya yang telah kita yakini, maka kita akan dapat mencapainya. Ada beberapa kunci kekakayaan dan kebahagiaan yang dapat merubah hidup kita.

Kunci pertama  untuk menciptakan kekayaan dan kebahagiaan adalah anda harus belajar menangani frustasi. Seandainya anda lebih banyak menangani frustasi, anda akan kaya. Perbedaan besar orang yang tentram secara keuangan dengan yang tidak adalah bagaimana mereka menangangi frustasi. Salah satu caranya agar tidak miskin adalah dengan menangani frustasi hingga anda sukses. Pokoknya adalah mereka tahu cara menanganinya. Menemukan strategi baru dan alternatif-alternatif baru. Ingatlah, kaya itu bukan hanya soal punya uang. Hubungan yang sangat baik pun menimbulkan masalah dan tantangan. Kalo anda tidak mau masalah, seharusnya anda tidak menjalin hubungan sama sekali. Ada frustasi besar dalam perjalanan sukses besar. Entah dalam bisnis maupun dalam kehidupan kita. Semua orang belajar bahwa sukses itu terkubur dari sisi lain sebuah frustasi. Orang yang gagal mencapai sasaran biasanya terhenti oleh frustasi. Mereka membiarkan frustasi menghalangi mereka untuk mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan dimana tindakan itu akan mendukung mereka dalam mencapai impian mereka. Anda terobos hambatan itu dengan menerobos frustasi dan mengambil setiap kemunduran sebagai umpan balik dari mana anda bisa belajar dan terus maju.

Kunci kedua untuk mencapai kekayaan dan kebahagiaan adalah anda harus belajar menangangi penolakan. Tantangan terbesar bagi orang-orang dalam kebudayaan kita adalah mereka tidak sanggup menerima kata “tidak”.  Seberapa banyak kata “tidak” yang sanggup anda terima? sudah seberapa seringkah anda mau mendatangi seseorang yang anda anggap menarik, lalu dia menggurungkan niatnya dan berkata “tidak”? Tidak ada sukses sejati tanpa penolakan. Semakin banyak penolakan yang anda terima, semakin baiklah anda. Semakin anda belajar, semakin anda dekat dengan hasil akhir anda. Ubahlah “tidak” menjadi rangkulan. Saat bisa menangani penolakan, anda akan belajar mendapatkan apapun yang anda inginkan.

Kunci ketiga untuk mencapai kekayaan dan kebahagiaan adalah anda harus belajar menangani tekanan keuangan. Satu cara untuk menangani tekanan keuangan biasanya ketika tidak punya uang. Dalam bukunya, the richest man in the babylon karya George S Clason, ada hal yang menginspirasi bagi saya yang diajarkan dalam buku tersebut yaitu mengambil 10% dimuka dari segala yang anda dapatkan dan menyumbangkannya. Setelah itu, anda mengambil 10% lainnya dari penghasilan yang anda dapatkan, dialokasikan lagi untuk mengurangi hutang anda. Dan 10% lagi dari penghasilan anda, dialokasikan untuk membangun modal dan berinvestasi. Dan anda masih memiliki 70% dari penghasilan anda untuk menjalani hidup dan menikmati gaya hidup anda.

Kunci yang keempat untuk mencapai kekayaan dan kebahagiaan dalam hidup adalah anda mampu menangani kecenderungan untuk berpuas diri. Anda tentu pernah melihat orang-orang dalam kehidupan anda, dia mencapai kesuksesan tertentu lalu berhenti. Mereka mulai merasa nyaman. Mereka lupa dengan apa yang menghantarkan mereka ketahap sekarang. Kenyamanan bisa menjadi emosi paling buruk dalam tubuh. Apakah yang terjadi jika seorang yang terlalu nyaman? mungkin dia tidak lagi akan bertumbuh, bekerja dan memberi nilai tambah. Jauhilah seminar-seminar yang hanya membicarakan kebiasaan-kebiasaan kerja, Kehidupan pribadi, status keuangan, atau segala hal yang lain. Mengikuti seminar-seminar seperti itu sama saja seperti bunuh diri. Mereka meracuni otak anda dengan membuat anda fokus terhadap apa yang dilakukan orang dalam kehidupan mereka.

Kunci kelima untuk mencapai kekayaan dan kebahagiaan adalah berikan selalu nilai lebih pada apa yang anda harapkan. Ini mungkin kunci terpenting sebab boleh dikata kunci ini yang menjamin kebahagiaan sejati. Tiba-tiba suara kecil dalam benak saya mengatakan, rahasia kehidupan adalah memberi. Kebanyakan orang memulai kehidupannya, memikirkan bagaimana caranya mendapatkan. Mendapatkan bukanlah masalah. Tetapi anda harus memastikan diri untuk memberi agar anda bisa memulai prosesnya.

Ilusi terbesar tentang sukses adalah bahwa sukses itu ibarat puncak yang harus didaki. Sesuatu yang harus dimiliki atau hasil statis .Kalo anda mau sukses dan mencapai hasil akhir anda, anda harus membayangkan sukses sebagai suatu proses, sebagai cara hidup, sebagai kebiasaan berpikir, dan sebagai strategi kehidupan.

Tinggalkan Komentar

Dapatkan Ebook Eksklusif

"CEO cukup bekerja 2 jam sebulan dengan menerapkan 5 tools ini" sekarang, GRATIS

we respect your privacy and take protecting it seriously